Jumat, 29 Maret 2024 19:44

Syarat Minimal Usia Kandidat di Pilkada: Gubernur 30 dan Wali Kota 25 Tahun

Ilustrasi/Int
Ilustrasi/Int

Syarat administratif itu diatur dalam UU No. 10 Tahun 2016.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA- Seseorang yang ingin maju dalam Pilkada 2024 harus berusia minimal 30 tahun untuk kandidat calon gubernur (cagub) dan 25 tahun untuk kandidat calon bupati/wali kota.

Syarat administratif itu diatur dalam UU No. 10 Tahun 2016 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

"Berusia paling rendah 30 (tiga puluh) tahun untuk Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur serta 25 (dua puluh lima) tahun untuk Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati serta Calon Walikota dan Calon Wakil Wali kota," bunyi Pasal 7 Ayat (2) huruf e, sebagaimana dikutip di CNN Indonesia.

Baca Juga

Selain soal usia, UU tentang Pilkada ini juga mengatur syarat administratif lainnya seperti kandidat calon kepala daerah harus berpendidikan paling rendah sekolah lanjutan tingkat atas atau sederajat.

Para calon juga harus bebas dari penyalahgunaan narkotika berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan menyeluruh.

Kemudian kandidat tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.

Selain itu, Pilkada 2024 pun dilarang diikuti oleh para Penjabat (Pj) Gubernur, Bupati, dan penjabat Walikota. Kemudian Bagi anggota DPR, DPD dan DPRD yang ingin maju sebagai calon kepala daerah harus mengundurkan diri terlebih dulu dari jabatannya.

Sebelumnya Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep diwacanakan oleh PSI menjadi calon gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024 jika syarat administratif terpenuhi.

Ketua DPP PSI William Aditya Sarana menulai putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu figur yang sangat baik.

"Menurut saya kalau secara administratif bisa terpenuhi, saya kira salah satu sosok yang bisa diusung adalah Mas Kaesang," kata William dalam keterangannya, Rabu (27/3).

Namun, Kaesang saat ini baru berusia 29 tahun. Ia baru genap berusia 30 tahun pada 25 Desember 2024. Karena itu secara aturan, ia belum bisa dicalonkan jadi calon gubernur. Kecuali ada revisi UU tersebut. 

 

Editor : Rahma Amin
#Pilkada 2024 #Kaesang Pangarep #Presiden Joko Widodo
Berikan Komentar Anda