Jumat, 28 Juni 2024 14:10

Bawaslu Bulukumba Buka Posko Aduan, Kawal Hak Pilih di Pilkada 2024

Bawaslu membuka posko aduan di Pilkada 2024.
Bawaslu membuka posko aduan di Pilkada 2024.

Pada pengawasan ini, kata Awaluddin lagi, pengawas pemilihan sementara memetakan kerawanan terhadap proses coklit yang dilakukan Pantarlih

BULUKUMBA, PEDOMANMEDIA — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bulukumba berkomitmen mengawal hak pilih pada Pilkada 2024. Salah satu komitmen tersebut, dengan membuka posko aduan.

Anggota Bawaslu Bulukumba, Awaluddin menjelaskan, bahwa posko ini bertujuan untuk mengawal hak pilih warga khususnya di Kabupaten Bulukumba. Posko ini dibuka sebagai tindak lanjut Surat Edaran Bawaslu Republik Indonesia Nomor 89 Tahun 2024 dan Surat Instruksi Nomor 6235.1 Tahun 2024 Tentang Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih.

"Selain membuka posko kawal hak pilih, Bawaslu Bulukumba juga memastikan seluruh jajaran melakukan Pengawasan langsung di lapangan serta akan memaksimalkan Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih,” kata Awaluddin, Jumat (28/6/2024).

Baca Juga

Menurutnya saat ini telah berlangsung pengawasan terhadap proses pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) yang telah mulai pada 24 Juni 2024 dan akan berakhir pada 24 Juli 2024 mendatang.

Pada pengawasan ini, kata Awaluddin lagi, pengawas pemilihan sementara memetakan kerawanan terhadap proses coklit yang dilakukan Pantarlih.

Dikatakannya kerawanan yang diantisipasi tersebut, seperti Pantarlih yang tidak melakukan kunjungan langsung kepada pemilih, Pantarlih yang memberikan tugas coklit kepada pihak lain, pelaksanaan coklit tidak tepat waktu, pantarlih tidak mencoret pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS).

Selain itu, Bawaslu juga akan memastikan Pantarlih melakukan pendaftaran pemilih baru bagi warga negara yang bersyarat sebagai pemilih namun belum terdaftar dalam daftar pemilih yang dicoklit, serta memastikan Pantarlih menempelkan stiker sebagai bukti pemilih telah dicoklit oleh Pantarlih.

Pokso kawal hak pilih ini selain dibuka di Kantor Bawaslu Bulukumba, juga dibuka di masing-masing secretariat Panwas Kecamatan. Sehingga masyarakat yang menemukan adanya dugaan pelanggaran atau masyarakat yang memenuhi syarat sebagai pemilih namun belum terdaftar, dapat menyampaikan langsung ke pengawas pemilu.

"Bawaslu akan terus mengawasi dan memastikan agar warga yang memiliki hak pilih terdaftar dalam daftar pemilih untuk Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024, karena hak memilih adalah hak yang dijamin oleh konstitusi, sehingga Bawaslu akan terus mengawal dan melindungi hak pilih" tutup Awaluddin.

Penulis : Saiful
Editor : Muh. Syakir
#Bawaslu Bulukumba #Pilkada 2024
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer