Selasa, 09 Maret 2021 18:02

Anggaran Alkes Dipertanyakan, Kadinkes Tator Minta Semua Kabid Tutup Mulut

Ria Minoltha Tanggo
Ria Minoltha Tanggo

Data soal anggaran alkes sudah dibicarakan secara internal. Kadiskes memutuskan agar data anggaran tak diekspose ke publik.

TATOR, PEDOMANMEDIA - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja Ria Minoltha Tanggo tutup mulut soal anggaran alkes yang tengah jadi sorotan saat ini. Ria menginstruksikan semua kepala bidang agar tak memberi keterangan mengenai item alkes.

"Nda bisa, Pak. Ini sudah ada instruksi dari kadis untuk tutup mulut soal itu (alkes). Jadi saya tidak berani," ujar salah seorang kepala bidang di Dinkes Tator, Senin (8/3/2021).

Ia mengungkapkan, data soal anggaran alkes sudah dibicarakan secara internal. Kadiskes memutuskan agar data anggaran tak diekspose ke publik. Kecuali untuk tujuan audit BPKP.

Baca Juga

"Saya sudah lapor, Pak. Saya bilang dia media mau mengambil data anggaran alkes. Bu Kadis bilang oh jangan. Tujuannya apa? Jangan kecuali BPKP," katanya.

Ia menjelaskan hanya akan membuka data kepada BPK. Untuk tujuan pemberitaan media, Kadis tak mengizinkan.

Ditanya soal keterbukaan informasi publik, di mana penggunaan anggaran wajib dibuka secara transparan, kepala bidang tadi mengaku tak tahu soal itu. Ia hanya mendengar instruksi kadis.

Kadis Ria memang dikenal tertutup selama ini. Selain alkes, ia juga menuai banyak sorotan soal penanganan stunting di Tator.

Sejak menjabat kadis, Ria dinilai miskin terobosan dalam penangani kasus stunting. Tator pada 2020 tercatat sebagai kabupaten dengan penanganan angka stunting paling buruk.

Penulis : Andarias Padaunan
Editor : Muh. Syakir
#Kadiskes Tator #Ria Minoltha #Anggaran Alkes
Berikan Komentar Anda