Sabtu, 13 Maret 2021 07:31

Narkoba Masuk Desa, BNNK Bone Bentuk Satgas IBM

BNNK Bone rakor IBM di desa Ulaweng Cinnong, Jumat (12/3/2021).
BNNK Bone rakor IBM di desa Ulaweng Cinnong, Jumat (12/3/2021).

BNNK membentuk IBM. Diharapkan dengan adanya IBM, memudahkan aksebilitas layanan rehabilitasi bagi penyalahguna narkoba.

BONE, PEDOMANMEDIA - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bone bersama Pemerintah Desa Ulaweng Cinnong Kecamatan Ulaweng Bone akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM). Satgas yang beranggotakan berbagai elemen masyarakat ini bertujuan menanggulangi penyalahguna narkoba di desa.

"Dari data klien, terdapat beberapa penyalahguna yang beralamat di desa Ulaweng Cinnong. Namun dengan adanya IBM ini diharapkan lebih banyak menjangkau para penyalahguna di desa karena menurut kadesnya bahwa di desa tersebut sangat rawan karena dekat dengan perbatasan," ungkap Kasi Rehabilitasi BNNK Bone Savitri usai Rakor IBM di desa Ulaweng Cinnong, Jumat (12/3/2021).

Lebih lanjut ia menjelaskan, rakor IBM dilaksanakan di Desa Ulaweng Cinnong merupakan pencanangan desa bersih narkoba (Bersinar) oleh BNNK Bone tahun 2021. IBM merupakan lanjutan dari Satgas Anti Narkoba Desa ditambah tugas menjadi Satgas IBM.

Baca Juga

Diharapkan dengan adanya IBM, memudahkan aksebilitas layanan rehabilitasi bagi penyalahguna narkoba penggunaan ringan di Desa Ulaweng Cinnong.

Satgas IBM ini, kata Savitri, nantinya yang akan melakukan intervensi berbasis masyarakat dengan bertugas menemukan kembali penyalahguna, melakukan komunikasi informasi edukasi pada masyarakat umum dan keluarga yang menjadi penyalahguna, korban atau pencandu narkoba.

Selain itu, merujuk klien ke BNNK jika mendapatkan masyarakat dengan penggunaan berat serta melakukan pemantauan dan pendampingan kepada klien yang telah diintervensi pada IBM.

"Satgas IBM nanti tentunya akan kendapatkan bimtek dari BNNK Bone sebelum mereka bertugas," sambungnya

Penulis : Abustan Abiy
Editor : Muh. Syakir
#BNNK Bone #BNNK Bentuk IBM #Narkoba
Berikan Komentar Anda