Kamis, 08 April 2021 18:56

Lima Tahun Ajukan Data Kredit Fiktif, Pegawai Bank Sulselbar Bulukumba Resmi Jadi Tersangka

Tersangka kasus 106 kredit fiktif Bank Sulselbar Cabang Bulukumba, Reza digelandang menuju Rutan Makassar. (Ist)
Tersangka kasus 106 kredit fiktif Bank Sulselbar Cabang Bulukumba, Reza digelandang menuju Rutan Makassar. (Ist)

Hasil penyidikan Kejati Sulsel sudah dianggap memenuhi syarat untuk menjerat Reza sebagai tersangka dalam kasus pengajuan kredit fiktif Bank Sulselbar. Selama menjalankan modus itu, Reza diketahui telah meraup untung hingga Rp25 miliar dari Bank BUMD tersebut.

MAKASSAR, PEDOMANMEDIA - Lima tahun menjalankan modus pengajuan kredit fiktif di Bank BUMD dan memalsukan data 106 pengajuan kredit, Reza yang merupakan Account Officer Bank Sulsebar resmi dijadikan tersangka penyidik Kejakasaan Tinggi Sulsel, Kamis (8/4/2021).

Berdasarkan pantauan PEDOMAN MEDIA, Reza yang sempat mangkir memang akhirnya memunculkan batang hidungnya pada Kamis siang, sekira pukul 14.00 Wita.

Penyidik lantas melakukan pemeriksaan yang sebelumnya sempat tertunda. Dan mengambil keterangannya selama kurang lebih 4 jam di ruang penyidik Pidsus Kejati Sulsel.

Baca Juga

Lama dinanti, Reza akhirnya turun juga sekira pukul 18.00 wita. Namun, sangat mengagetkan karena Reza telah menggunakan rompi khas tahanan Kejaksaan yang identik dengan warna merah terang.

Begitu turun dari Lift, Reza kemudian digiring ke sebuah mobil dan dikawal menuju Rutan Klas I Makassar. Kabarnya selain dijerat sebagai tersangka, Reza juga ditahan selama 20 hari kedepan.

Sementara itu, guna menelusuri kasus yang menjerat Reza, awak media kemudian bergegas menemui Asisten Intelijen Kejati Sulsel, Gatot Iriyanto. Dia yang didampingi Koordinator Pidsus, Toto serta Kasidik, Andi Faik mengatakan. hasil penyelidikan dan penyidikan Kejati Sulsel sudah dianggap memenuhi syarat untuk menjerat Reza sebagai tersangka.

"Jadi dia dijadikan tersangka sesuai bukti-bukti permulaan yang penyidik temukan. Tersangka kita duga kuat telah melakukan tindak pidana dengan memalsukan data-data pengaju kredit dan meraup untung sampai Rp25 miliar," ungkap Gatot.

Lebih jauh, Gatot mengatakan tersangka diduga kuat melakukan modus itu dari tahun 2016-2021 dan memalsukan 106 data fiktif.

Olehnya setelah penyidikan dilakukan berikut mengambil keterangan 30 orang saksi, IR kemudian ditersangkakan dan resmi ditahan selama 20 hari kedepan.

Editor : Muh. Chaidir
#Kejati Sulsel #Dugaan Kredit Fiktif Bank Sulselbar Bulukumba #Bank Sulselbar Bulukumba #Asintel Kejati Sulsel #Korupsi Pegawai Bank Sulselbar
Berikan Komentar Anda