Sabtu, 17 April 2021 22:36

Jelang PSM vs Persija: Tak Ada Pilihan Lain, Main Habis-habisan, Juku Eja

PSM vs Persija saat bertemu di leg pertama semifinal Piala Menpora.
PSM vs Persija saat bertemu di leg pertama semifinal Piala Menpora.

Di leg pertama keseimbangan pada dua libero midfielder PSM bekerja sangat baik. Banyak serangan Persija bisa dipotong di sepertiga lapangan.

MAKASSAR, PEDOMANMEDIA - PSM vs Persija akan melakoni leg kedua semifinal Piala Menpora besok malam. Tak ada pilihan lain bagi armada Syamsuddin Batola kecuali bertarung habis-habisan.

Kedua tim bermain imbang tanpa gol di leg pertama. Sejatinya, ini bukan hasil yang baik bagi PSM. Setidaknya jika berkaca pada pertemuan keduanya di fase penyisihan grup, PSM tampil lebih efektif. Hasilnya, anak anak Juku Eja mampu menganvaskan Macan Kemayoran 2 gol tanpa balas.

Tapi perubahan total yang dilakukan Persija sedikit menyulitkan PSM pada semifinal leg pertama. Keseimbangan Persija pada lini per lini jauh lebih hidup. Mereka mampu memgontrol sisi sayap. Ini membuat besutan Sudirma mampu memaksakan hasil imbang.

Baca Juga

Jelas, dengan hasil ini tekanan di leg kedua akan lebih berat. Tensi pertandingan diprediksi bakal sangat tinggi.

"Iya tentu saja tensinya akan lebih tinggi di leg kedua. Saya selalu katakan bahwa sepakbola tak melulu soal stamina dan skill saja. Tapi juga mental," ujar Pelatih PSM Syamsuddin Batola.

Menurut Syamsuddin, pasukannya menghadapi dua pertarungan di lapangan besok. Pertarungan strategi dan fisik. Juga pertarungan psikologi.

"Di sinilah mental pemain kami akan diuji. Kami pernah menang di fase grup, tapi itu harus kami lupakan. Karena saat ini kami menghadapi lawan dengan motivasi berbeda. Kami harus bertarung habis habisan," ujar Syamsuddin.

Dikatakan Syamsuddin, ada beberapa kekurangan yang harus ia tambal. Hasil analisisnya, terjadi beberapa kali mis di lini tengah yang membuat aliran serangan sedikit terhambat.

Dua sayap yang menjadi lokomotif serangan, bekerja di bawah form. Dua rusuk PSM itu dipaksa lebih banyak bertahan. Hingga alur bola dari kiri dan kanan sangat minim.

Syamsuddin mengatakan, beruntung keseimbangan pada dua libero midfilder PSM bekerja sangat baik. Hingga banyak serangan Persija bisa dipotong di sepertiga lapangan.

"Semua ini menjadi PR kita. Harus ada pembenahan. Tapi saya melihat anak-anak sudah siap tempur. Mereka cukup bugar. Dan siap mental," imbuhnya.

Editor : Muh. Syakir
#PSM Makassar #Persija #Pelatih PSM Syamsuddin Batola #Piala Menpora
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer