Senin, 31 Mei 2021 15:11

Ombas Tegaskan Budaya Toraja yang Tenggelam Diangkat Kembali

Bupati Torut Yohanis Bassang.
Bupati Torut Yohanis Bassang.

Ombas menegaskan agar budaya Toraja yang mulai tenggelam agar diangkat kembali.

MAKASSAR, PEDOMANMEDIA - Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang yang akrab disapa Ombas membuka Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata di Hotel Misiliani, Senin (31/05/2021).

Kegiatan yang diadakan Dinas Pariwisata Toraja Utara tersebut berlangsung selama tiga hari, yakni dari tanggal 31 Mei-2 Juni 2021.

Dalam kesempatan ini, Ombas menegaskan agar menampilkan budaya asli Toraja dalam pengelolaan desa wisata.

Baca Juga

"Tampilkan budaya asli kita Toraja seperti Toma'pelle, passuling, tomanimbong, toma'lambu', pagellu dan sebagainya," jelas Ombas.

Ombas juga menegaskan agar budaya Toraja yang mulai tenggelam agar diangkat kembali.

"Dinas Pariwisata harusnya sering-sering turun kunjungan ke desa melihat langsung budaya Toraja yang berpotensi diangkat kembali untuk dikembangkan. Contoh ada orang meninggal baru spanduknya ditulisnya selamat datang di pesta nenek A. Ini keliru karena pesta identik dengan hura-hura sehingga perlu diluruskan. Yang benar itu selamat datang di katongkonan nenek A," terang Ombas.

Selain itu, Ombas juga merasa prihatin dengan kebersihan objek-objek wisata di Toraja Utara.

"Tolong kepada kita semua untuk sama-sama menjaga kebersihan termasuk parkiran yang tidak semrawut. Karena daerah kita ini adalah tempat wisata, maka wisatawan yang datang akan mengenang baik daerah kita juga. Jangan ada kata mereka bahwa Toraja Utara jorok. Ini tugas kita bersama untuk membenahi ke depan," harap Ombas.

Ombas juga menyampaikan pembangunan alun-alun kota ditarget 2020 mulai dikerjakan.

"Alun-alun ini nanti akan jadi objek wisata baru yang diandalkan dan akan jadi ikon Toraja Utara. Disitu nanti ada penjual souvenir, tempat pentas budaya asli Toraja dan sebagainya," ketus Ombas.

Editor : Jusrianto
#Pemkab Torut #Budaya Toraja
Berikan Komentar Anda