Rabu, 09 Juni 2021 19:16

Cerita Kades Layoa Bantaeng, Sulap Desanya dari Tertinggal Hingga Bisa Mandiri

Kades Layoa Supriadi.
Kades Layoa Supriadi.

Kades Layoa mengatakan, untuk mencapai peningkatan tersebut, dirinya telah membawa program yang berpotensi untuk meningkatkan perekonomian warga desa, salah satunya adalah membangun hulu irigasi pertanian.

BANTAENG, PEDOMANMEDIA - Kades Layoa Kecamatan Gantarangkeke Bantaeng Andi Supriadi mampu menyulap daerahnya dari desa tertinggal menjadi desa mandiri.

Ia menjelaskan, bahwa predikat menjadi sebuah desa mandiri tentunya mempunya kategori dan nilai tertentu, seperti dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) di daerah itu sendiri.

Dikatakan bahwa sebelumnya, di daerah yang ia pimpin itu termasuk daerah yang SDM dan SDA nya tidak terlalu menunjang, sehingga Ia termotivasi maju dan menjawab persoalan tersebut.

Baca Juga

Tentunya dengan menghadirkan sejumlah program yang sesuai dengan kebutuhan dasar warga desa setempat.

"Di desa saya dulu itu SDM dan SDA nya itu dibawah rata-rata, tapi Alhamdulillah sekarang sudah meningkat bahkan bisa bersaing dengan daerah lain," katanya.

Ia mengatakan, untuk mencapai peningkatan tersebut, dirinya telah membawa program yang berpotensi untuk meningkatkan perekonomian warga desa, salah satunya adalah membangun hulu irigasi pertanian.

"Dulu petani berdasarkan pada curah hujan. Alhamdulillah sekarang tidak lagi karena sudah ada hulu irigasi sehingga petani tidak berpotensi mengalami kerugian (Gagal Panen)," tambahnya.

Dengan adanya irigasi pertanian ini, dapat membangkitkan minat warga untuk kembali dan menetap untuk bertani.

"Bahkan warga yang merantau di Malaysia, dan Kalimantan sekarang banyak yang pulang kampung untuk menetap menggarap lahannya," tuturnya.

Selain itu, untuk menunjang ekonomi warganya, Ketua APDESI Bantaeng ini senantiasa melibatkan warganya dalam setiap kegiatan - kegiatan

"Setiap ada kegiatan pekerjaan, saya selalu memberdayakan warga lokal," pungkasnya.

Diketahui Desa Layoa telah didaulat menjadi Desa Mandiri pada tahun 2021 bersama dengan dua Desa lainnya yakni, Desa Bonto Marannu dan Desa Pattaneteang.

Penulis : Syamsuddin
Editor : Jusrianto
#Pemkab Bantaeng #Desa Layoa
Berikan Komentar Anda