Kamis, 07 Oktober 2021 09:13

Soal Proyek Jalan UKI Toraja Mandek, Bappeda-Dinas PU Beda Versi

Paulus Tandung
Paulus Tandung

Paulus sendiri mengaku proyek telah berjalan. Hambatan soal tender dan legalitas telah diselesaikan.

TORUT, PEDOMANMEDIA - Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Toraja Utara Paulus Tandung memberi pengakuan berbeda soal kelanjutan proyek jalan poros UKI Toraja. Ia mengklaim tak ada masalah dalam proyek ini.

"Tak ada masalah. Pemenang tendernya sudah ada karena kita dasari dari refocusing anggaran," terang Paulus kepada PEDOMANMEDIA, Kamis (7/10/2021).

Klaim Paulus ini berbeda dengan versi yang disampaikan Plt Kepala Bappeda Irma Patandung. Irma menyebut dilakukan tender ulang dalam proyek tersebut karena ada masalah pada legalitas perusahaan.

Baca Juga

"Proyek itu tetap jalan namun dilakukan tender ulang dan prosesnya kita mulai dari awal lagi," ujar Irma.

Irma menjelaskan, yang dibatalkan legalitasnya. Karena belum punya legalitas namun ditender sudah dilakukan.

"Yang dibatalkan proses tendernya karena belum ada legalitas sudah ditender. Itu ditarik kembali. Istilahnya dimulai dari awal setelah APBD disahkan," tuturnya.

Irma mengungkapkan bahwa, proyek tersebut sudah disisihkan anggaran, namun karena banyak keluhan dari masyarakat dan mahasiswa UKI Toraja, sehingga perlu perhatian dari pemerintah daerah.

"Anggarannya diambilkan dari dana refocusing, itu sudah ada dalam refocusing tapi legalitasnya di APBD perubahan. Pada saat pembahasan di DPRD memang mereka ribut. Saya juga tidak mengikuti prosesnya karena kami dari sisi perencanaan saja," tutup Irma

Paulus sendiri mengaku proyek telah berjalan. Hambatan soal tender dan legalitas telah diselesaikan.

Saat ditanya jumlah anggarannya Paulus Tandung mengaku sudah lupa. Tapi ia memastikan tak ada lagi kendala administratif soal anggaran. 

"Datanya ada sama PPK-nya. Kalau mau tahu jumlah anggarannya silakan datang di kantor cari PPK-nya namanya Marwanto," jelasnya.

Paulus juga menjelaskan bahwa yang akan dikerjakan itu ada dua opsi. Yakni pemasangan talud dan pelebaran yang berkisar 8 meter.

"Yang mau di kerja itu ada pelebaran dan ada pentalutan dengan lebar sekitar 8 meter. Soal nama perusahaan yang kerja saya sudah lupa ada sama PPK-nya," bebernya.

Diberitakan sebelumnya proyek pembangunan pelebaran Jalan poros Kakondongan Kampus UKI Toraja mengalami kendala penyelesaian. Proyek ini akan ditender ulang karena ada kesalahan pada proses awal.

Penulis : Andarias Padaunan
Editor : Muh. Syakir
#Bappeda Tator #Dinas PU Tator #Jalan Poros UKI Toraja #Pemkab Torut
Berikan Komentar Anda