Selasa, 12 Oktober 2021 09:26

Perjuangan Nakes Torut Vaksinasi di Dusun Terjauh: 5 Jam Tempuh Jalan Berkubang

Medan berat yang harus dilalui tim vaksinasi Pemkab Torut ke daerah terpencil.
Medan berat yang harus dilalui tim vaksinasi Pemkab Torut ke daerah terpencil.

Program yang menjangkau wilayah terjauh adalah bukti komitmen Pemkab Torut. Beberapa daerah terjauh juga masuk dalam rencana tim ke depan.

TORUT, PEDOMANMEDIA - Tenaga kesehatan Toraja Utara menjangkau sebuah wilayah terpencil di Kecamatan Baruppu untuk melakukan vaksinasi. Perjalanan ditempuh 5 jam. Mereka membelah medan berat.

Wilayah itu bernama Dusun Salu Upe dan Kuririk. Ini adalah dusun terjauh di Toraja Utara.

Populasi penduduknya tak seberapa. Medan ke Dusun Salu Upe dan Kuririk sangat berat. Puluhan kilometer masih pengerasan.

Baca Juga

Bahkan tim harus membelah jalur paling ekstrem. Yakni jalan becek yang mirip kubangan. Jalur itu nyaris tak bisa dilalui kendaraan karena material yang menutup permukaan jalan sudah setinggi roda mobil.

"Tapi tekad kita agar vaksinasi bisa menjangkau warga di sana. Seberat apapun medannya kami tempuh," ujar Kadis Kesehatan Torut Elizabeth R Zakaria, Selasa (12/10/2021).

Menurut Elizabeth, setelah menempuh perjalanan 5 jam, tim akhirnya tiba di lokasi menjelang sore. Tim langsung melakukan sosialisasi vaksinasi kepada warga.

"Warga di sana sangat antusias. Mereka bahkan berbondong-bondong datang untuk divaksin," katanya.

Tokoh masyarakat setempat juga memberi pemahaman kepada warganya dengan baik. Vaksinasi di Salu Upe dan Kuririk berlangsung setengah hari. Vaksinasi menyentuh lebjih dari 30 persen warga.

Elizabeth mengungkapkan, program yang menjangkau wilayah terjauh adalah bukti komitmen Pemkab Torut dalam menyukseskan vaksinasi sampai ke pelosok. Selain dua wilayah ini beberapa daerah terjauh juga masuk dalam rencana tim ke depan.

"Kami sudah komitmen bahwa vaksinasi tak hanya diberikan bagi warga di wilayah perkotaan. Namun juga menyasar warga hingga ke daerah terpencil," terang dia. 

Elizabeth juga memuji dukungan dari aparat TNI-Polri. Selama perjalanan ke lokasi, TNI dan Polri senantiasa mengawal. Menurutnya, sinergitas ini mempercepat program vaksinasi ke pelosok.

 

Penulis : Andarias Padaunan
Editor : Muh. Syakir
#Pemkab Torut #Vaksinasi Covid-19 #Kadinkes Torut
Berikan Komentar Anda