Kamis, 21 Oktober 2021 09:02

Melihat Kentalnya Eksotisme Alam di Rumah Tongkonan Buntu Pempon Torut

Suasana rumah Tongkonan di Buntu Pempon.
Suasana rumah Tongkonan di Buntu Pempon.

Selain rumah Tongkonan dengan arsitektur tradisionil, para pengunjung juga akan dimanjakan dengan suasana alamnya yang sejuk.

TORUT, PEDOMANMEDIA - Mau menikmati pemandangan rumah Tongkonan? Yuk, ke objek wisata Buntu Pempon di Toraja Utara. Objek ini menyuguhkan eksotisme alam yang begitu kental.

Rumah Tongkonan Buntu Pempon bertempat di Lembang Palangi', Kecamatan Balusu. Perjalanan menuju ke objek wisata tersebut ditempuh sekitar 30 menit dari kota Rantepao.

Selain rumah Tongkonan dengan arsitektur tradisionil, para pengunjung juga akan dimanjakan dengan suasana alamnya yang sejuk. Kawasan rumah Tongkonan dikelilingi area perbukitan yang hijau.

Baca Juga

Di objek wisata ini pernah diadakan kegiatan Toraja Internasional Festival (TIF) yang temanya 'Rumah Tongkonan.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toraja Utara terus mendorong destinasi ini sebagai kawasan baru pariwisata budaya.

Rabu 20 Oktober 2021, Disbudpar kembali menunjuk lokasi ini sebagai tempat orientasi lapangan peserta Pelatihan Digitalisasi Pemasaran dan Penjualan pada Desa Wisata. Pelatihan ini pesertanya para jurnalis dan pegiat media sosial di Toraja Utara.

Pemkab berharap kehadiran media dan pegiat medsos bisa membantu memperkenalkan objek ini ke luar daerah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Toraja Utara Yorry Lesawengan berharap dengan dipilihnya Buntu Pempon sebagai lokasi orientasi lapangan, potensi wisata ini bisa lebih cepat pengembangannya. Objek ini disebut Yorry punya magnet wisata cukup menjanjikan.

“Peserta yang berkunjung ke Buntu Pempon hari ini diharapkan bisa memberikan masukan-masukan ke pengelola sebagai bahan evaluasi dan rujukan untuk pengembangan objek wisata ke depan," katanya.

Setelah melakukan orientasi lapangan selama beberapa jam, peserta orientasi lapangan menyampaikan beberapa masukan ke pengelola dan pihak Dinas Pariwisata. Di antaranya mendorong agar objek wisata Buntu Pempon berupa Tongkonan dan Rante (Tempat Pelaksanaan Rambu Solo’) dibangun menjadi kawasan objek wisata yang bisa dinikmati pada malam hari.

Pasalnya, Buntu Pempon sebelumnya telah dibranding sebagai wisata malam hari melalui perhelatan Toraja International Festival yang berhasil menarik perhatian wisatawan.

Peserta orientasi lapangan juga berharap agar konsep wisata malam tersebut dipadukan dengan wisata khusus seperti wisata kuliner.

Sehingga peserta orientasi meminta pengelola memperbaiki infrastruktur jalan, sarana MCK, jaringan listrik dan jaringan telekomunikasi sebagai sarana penting pendukung objek Wisata.

 

Penulis : Andarias Padaunan
Editor : Muh. Syakir
#Pemkab Torut #Rumah Tongkonan #Pariwisata Toraja
Berikan Komentar Anda