Kamis, 21 Januari 2021 14:15

Kuasai Sabu, Mantan Napi di Malra Diringkus Polisi

Barang bukti sabu yang diamankan Satrenarkoba Polres Malra.
Barang bukti sabu yang diamankan Satrenarkoba Polres Malra.

Pelaku sebelumnya telah melakukan perbuatan yang sama pada tanggal 1 Juli 2017 lalu yakni tanpa hak melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan narkotika golongan I sebagaimana dimaksud dalam pasal 114 ayat 1 atau pasal 112 ayat 1 dan pasal 127 ayat 1 huruf a UU Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dan telah menjalani putusan dari Pengadilan Negeri Tual.

MALRA, PEDOMANMEDIA - Satres Narkoba Polres Tual meringkus SY pelaku pengedar sabu di Jalan Gajah Mada, Kecamatan Dulla Selatan, Kamis (21/1/2021) dini hari. SY juga telah diamankan pada 2017 silam dengan kasus yang sama.

"Kami memperoleh informasi dari masyarakat bahwa adanya transaksi narkotika di Kelurahan Ketsoblak. Kami melakukan pembuntutan terhadap seorang laki-laki yang mengendarai sepeda motor dengan Nomor Polisi DE 6870 IA sedangkan petugas lainnya menunggu di TKP (Lorong Gereja MDC)," ungkap Kasat Narkoba Polres Tual Iptu Ahmad Kenne.

Setibanya di lokasi, lelaki tersebut dengan mengendarai sepeda motor di Lorong Gereja MDC kemudian petugas menghentikan sepeda motor yang dikendarai lelaki tersebut dan hendak melakukan penggeledahan badan/pakaian.

Baca Juga

Pada saat dilakukan pemeriksaan, tiba-tiba pelaku tertangkap tangan membuang sebuah benda yang terlihat seperti gulungan aluminium foil dari rokok kretek di atas jalan aspal. Kemudian petugas menanyakan kepada tertangkap bahwa apa yang dibuang diatas jalan aspal, tertangkap menjawab bahwa barang tersebut bukan miliknya

"Dengan adanya hal tersebut maka petugas mengambil barang berupa gulungan almanium foil tersebut dan membuka isinya ternyata ditemukan 1 sachet plastik bening berisikan narkotika yang diduga sabu kemudian tertangkap berikut barang bukti dibawa ke Mapolres Tual guna kepentingan penyidikan selanjutnya," terangnya.

Satresnarkoba Polres Tual kemudian mengambil tindakan dan membuat laporan Polisi Model A. Selain itu polisi juga melakukan penyitaan terhadap barang-barang yang ada hubungannya dengan dugaan tindak pidana yang terjadi.

Selain itu, polisi juga melakukan penangkapan terhadap tertangkap untuk selama 3x24 jam dan diperpanjang selama 3x24 jam sekaligus tindakan lain sesuai hukum yang berlaku.

Barang bukti yang disita Satresnarkoba Polres Tual berupa 1 sachet plastik berisikan kristal bening yang diduga narkotika jenis sabu, 1 lembar almanium foil dari rokok kretek warna silver ukuran kecil, 1 unit sepeda motor merk Yamaha dengan Nomor Polisi DE 6870 IA, 1 batang pipet plastik ukuran panjang 10 cm, 1 buah Handphone merk Nokia warna Hitam dan uang tunai sebesar Rp19.000

"Pelaku sebelumnya telah melakukan perbuatan yang sama pada tanggal 1 Juli 2017 lalu yakni tanpa hak melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan narkotika golongan I sebagaimana dimaksud dalam pasal 114 ayat 1 atau pasal 112 ayat 1 dan pasal 127 ayat 1 huruf a UU Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dan telah menjalani putusan dari Pengadilan Negeri Tual," pungkasnya.

 

Penulis: Daniel

Editor : Jusrianto
#Polres Malra #Sabu sabu #Mantan Napi
Berikan Komentar Anda