Senin, 03 Mei 2021 14:14

Warga Sambut Program "Kantor Bupati Mobile" di Torut: Terima Kasih, Ombas

Bupati Torut Yohanis Bassang memantau pelayanan Kantor Bupati Mobile di Kecamatan Awan Rantekarua.
Bupati Torut Yohanis Bassang memantau pelayanan Kantor Bupati Mobile di Kecamatan Awan Rantekarua.

Ombas mengingatkan semua untuk tidak mengenal kata menyerah dalam memberi pelayanan. Ia juga meminta agar tak mempermainkan hak rakyat kecil.

TORUT, PEDOMANMEDIA - Program Kantor Bupati Mobile mulai diterapkan Pemkab Toraja Utara, Senin (3/5/2021). Kecamatan Awan Rantekarua menjadi daerah pertama yang diuji coba.

Bupati Torut Yohanis Bassang (Ombas) meninjau langsung aktivitas pelayanan di kantor Kecamatan Awan Rantekarua. Ombas menuju lokasi seusai memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional di Lapangan Bakti.

Program ini disambut antusias masyarakat setempat. Warga tampak berbondong-bondong datang memanfaatkan berbagai pelayanan.

Baca Juga

Awan Rantekarua adalah daerah yang terbilang jauh dari kota. Selama ini untuk mengurus berbagai dokumen, warga harus mengeluarkan biaya cukup besar.

"Kami senang sekali. Dengan adanya Kantor Bupati Mobile di kecamatan. Pelayananya cepat dan kami tidak perlu lagi ke kota," kata seorang warga yang tengah mangantre.

Menurutnya, pelayanan ini yang dirindukan warga sejak dulu.

"Ini yang kami tunggu-tunggu dari dulu. Ini baru pemimpin yang tahu kebutuhan rakyat. Terima kasih, Ombas," ucapnya.

Ombas dalam kesempatan itu mengungkapkan, bahwa program Kantor Bupati Mobile sudah menjadi prioritasnya sejak awal. Ia mengaku tahu betul masyarakat merasakan kesenjangan pelayanan karena jarak ke kota yang terbilang jauh.

"Tujuan Kantor Bupati Berpindah-pindah (mobile) untuk mendekatkan pelayanan dan menjawab segela keluhan masyarakat seperti pelayanan e-KTP, pupuk yang susah didapatkan, memverifikasi data warga penerima bantuan sosial seperti BPNT, PKH, KIS, Rastra, bedah rumah, dan lain lain," ucap Ombas.

Ombas juga menyempatkan berdialog langsung dengan warga setempat dan menyerap segala keluhannya untuk direspons cepat. Ia menegaskan perangkat desa/lembang, mulai kepala lembang, kepala dusun agar melaporkan langsung jika terjadi diskriminasi pelayanan di wilayahnya.

"Kalau ada yang tebang pilih dalam melakukan pelayanan laporkan. Saya sendiri yang akan langsung menindaki," tegasnya.

Ombas juga mengatakan ia telah menginstruksikan semua kantor lembang, sekolah, puskesmas untuk melaksanakan apel setiap pagi. Ia meminta warga melaporkan jika ada yang tidak menjalankan instruksi itu.

"Warga tolong bantu saya kalau ada yang tidak lakukan laporkan ke saya, ambil foto dan videonya. Kepala lembang itu wajib masuk kantor 6 hari kerja, jangan cuma sehari berkantor dalam seminggu," ketus Ombas.

Sekadar diketahui, Kantor Bupati Mobile diadakan di setiap kecamatan selama 2 hari. Kantor Bupati Mobile ini dilaksanakan secara bergilir.

Pelaksanaan Kantor Bupati Mobile di Awan Rantekarua turut dihadiriAsisten I, para pimpinan OPD terkait di antaranya Kadis Pertanian, Kadis Sosial, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Lembang, Kadisdukcapil, Kadis Pendidikan, kepala lembang dan dusun se-Kecamatan Awan Rantekarua.

Ombas mengingatkan dinas terkait sampai perangkat desa untuk tidak mengenal kata menyerah dalam memberi pelayanan. Ia juga mengingatkan agar tidak mempermainkan hak rakyat kecil. Terutama dalam penyaluran bantuan.

"Kalau ada orang yang punya rumah batu, punya mobil dan ketahuan menerima bantuan, yang memberi hati-hati memang," kunci Ombas.

Penulis : Andarias Padaunan
Editor : Muh. Syakir
#Bupati Torut Yohanis Bassang #Ombas #Kantor Bupati Mobile #Pemkab Torut
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer