Minggu, 21 November 2021 11:24

TOP SEPEKAN: Seluruh Indonesia Siap PPKM Level 3, Istri Tumbangkan Suami di Pilkades

Ilustrasi (int)
Ilustrasi (int)

Detail pembatasan PPKM level 3 akan ditetapkan dalam inmendagri. Edarannya diperkirakan sudah keluar dan tersosialisasi pada 22 Desember.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Pemerintah akan menaikkan status pembatasan sosial ke PPKM level 3 untuk seluruh provinsi di Indonesia. Kabar ini menempati urutan teratas TOP SEPEKAN PEDOMANMEDIA, pekan ini. Lalu disusul berita dari ajang Pilkades Bone

Kami mengulasnya kembali untuk pembaca.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, kebijakan ini diberlakukan selama kurang lebih sepekan. Seluruh daerah baik yang berstatus level 1 dan 2 akan dinaikkan ke level 3.

Baca Juga

"Kita mulai 24 Desember dan berakhir 2 Januari 2022. Seluruh ketentuan level 3 akan diberlakukan. Inmendagri nanti juga mengatur ketentuan baru," terang Muhajir, dalam siaran pers, Rabu (17/11/2021).

Selama berlakunya kebijakan PPKM level 3, tidak ada perbedaan aturan pembatasan antara Jawa-Bali dengan luar Jawa-Bali. Aturan akan berlaku seragam di seluruh wilayah Tanah Air.

Detail pembatasan PPKM level 3 akan ditetapkan dalam inmendagri. Edarannya diperkirakan sudah keluar dan tersosialisasi pada 22 Desember.

Muhajir mengemukakan, pembatasan ini adalah upaya pemerintah mencegah mobilitas warga menjelang Natal dan Tahun Baru. Menurutnya, hal tersebut menjadi langkah dini. Dalam rangka menekan laju penyebaran Covid-19 yang cenderung naik di setiap libur akhir tahun.

"Jadi pengetatan selama masa libu Natal dan Tahun Baru berlaku menyeluruh. Ada beberapa kegiatan yang kita larang seperti pesta kembang api, pawai, arak-arakan yang mengumpulkan kerumunan besar. Itu semua dilarang," ujar Muhadjir.

Bahkan pembatasan akan kembali berlaku di rumah-rumah ibadah. Termasuk pusat perbelanjaan (mal) yang akan kembali pada penyesuaian aturan PPKM leve 3.

Selain itu, pengetatan dan pengawasan protokol kesehatan dilakukan di sejumlah destinasi, terutama di gereja pada saat perayaan Natal dan destinasi wisata lokal.

Menang di Semua TPS

Calon kepala desa nomor urut 02, Hj Hasnah unggul dalam Pilkades Lili Riawang, Kacamatan Bengo, Bone dalam pilkades serentak, Kamis (18/11/2021). Hasnah menumbangkan cakades petahana yang tak lain suaminya sendiri.

"Iya (menang nomor urut 02 Hj Hasnah di Pilkades Lili Riawang)," ungkap Plt Kepala Desa Lili Riawang, Iwan kepada PEDOMANMEDIA, Kamis (18/11/2021)

Iwan menyampaikan, dari hasil rekapitulasi Pilkades Lili Riawang, dari 8 Tempat Pemungutan Suara (TPS) semua dimenangkan oleh calon nomor urut 02, Hj Hasnah. Ia memperoleh 2.049 suara. Sedangkan nomor urut 01 hanya memperoleh 375 suara.

Diberitakan sebelumnya, Hj Hasnah membantah soal adanya rumor dirinya hanya sebagai 'cakades bayangan'. Karena ia harus menghadapi suaminya sendiri. Ia mengaku siap bertarung.

"Saya membantah itu, tidak benar itu (soal rumor cakades bayangan saja)," tegas Hj Hasnah saat ditemui PEDOMAN.MEDIA di Kantor Desa Lili Riawang, Jumat (12/11/2021).

Ia juga mengaku sudah punya tim kampanye dan tim sukses untuk memenangkan kontestasi pilkades di desa yang dikenal dengan daerah Batu Goroe Zhumpallabbu ini. Timnya dari kalangan kaum perempuan maupun laki-laki.

Tak hanya itu, ia juga memperlihatkan visi misi dan program kerja yang akan segera diwujudkannya jika dirinya terpilih nanti.

Adapun misinya yakni tata kelola pemerintahan yang transparan dan demokratis, meningkatkan pelayanan masyarakat, pembinaan dan peningkatan SDM, pembangunan infrastruktur yang adil dan merata yang lebih mengedepankan asas musyawarah dan mupakat.

Selain itu, memaksimalkan peran BUMDes dalam peningkatan perekonomian di Lili Riawang, dan menanamkan nilai-nilai religius dan kearifan lokal melalui program PKK, BKMT dan kesetaraan gender.

 

Penulis : Abustan Abiy
Editor : Muh. Syakir
#Top Sepekan #Pilkades Bone #PPKM Level 3
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer