Kamis, 30 Mei 2024 10:53

Habiskan Rp600 Juta, Gudang Perumda Air Minum Torut Hanya Berdinding Seng

Gudang Perumda Air Minun Kabupaten Toraja Utara hanya berdinding seng.
Gudang Perumda Air Minun Kabupaten Toraja Utara hanya berdinding seng.

Diungkapkan Moses, dalam proses perencanaan awal ada pembanguan yang tak masuk dalam daftar perencanaan sebelumnya.

TORUT, PEDOMANMEDIA - Pembangunan gudang Perumda Air Minun Kabupaten Toraja Utara menuai banyak sorotan. Pasalnya, gudang yang menghabiskan anggaran Rp600 juta ini hanya berdinding seng.

Direktur Perumda Air Minum Toraja Utara Moses Padsing Limbongan mengakui, pembangunan yang dilakukan sebelumnya tak masuk dalam perencanaan dan menelan anggaran yang cukup besar.

"Pembangunan gudang itu tahun 2023. Memang biayanya sekitar Rp600 juta. Tapi dilakukan secara bertahap karena tidak ada anggaran," ujar Moses Padsing kepada PEDOMANMEDIA saat dikonfirmasi, Rabu (29/05/2024).

Baca Juga

Dijelaskan Moses, ada 3 tahap pekerjaan yang dilakukan sejak tahun 2023.

"Tahap awal adalah tahap persiapan, pengerukan tanah, perataan dengan alat berat, penimbunan bagian tengah dan belakang dengan batu-batu karena tanah lembek kayak sawah, lalu pemadatan dengan alat berat. Serta memperbaiki dinding talud tembok yang longsor," ucap Moses.

Moses mengatakan, pada tahap 2 setelah pengumpulan dana beberapa bulan barulah dimulai tahap pondasi dan dinding tembok.

"Tahap 2 setelah pengumpulan dana beberapa bulan, baru dimulai tahap pondasi dan dinding tembok. Tahap 3 pemasangan struktur tiang besi, dinding spandek, dan pengatapan, selesai," katanya.

Diungkapkan Moses, dalam proses perencanaan awal ada pembanguan yang tak masuk dalam daftar perencanaan sebelumnya. Akan tetapi dilakukan dan menelan biaya yang cukup besar.

"Cuman, jalan naik dan halamannya tidak bisa dipakai karena tanah batu yang becek kalau hujan dan tidak ada jembatan got. Makanya dibuatkan. Inilah yang tidak masuk dalam perencanaan sejak awal dan kami tetap kerjakan dan anggaran yang pakai cukup besar karena jembatan kecil, jalan naik, dan halaman. Sumber anggaran dari Perumda Air Minum Toraja Utara tahun 2023," tutup Moses.

Penulis : Nober Salamba
Editor : Muh. Syakir
#Perumda Air Minum Torut
Berikan Komentar Anda